Perbedaan Antara Bayi Prematur dan Bayi yang Lahir Normal

Proses kelahiran prematur merupakan salah satu proses lahiran yang biasanya terjadi pada sebagian ibu hamil. Ada cukup banyak penyebab kenapa bayi bisa lahir prematur dan beberapa diantaranya bisa kita cegah dengan beberapa metode dan trik tertentu. Pada dasarnya, tumbuh kembang bayi prematur memiliki sedikit perbedaan dengan bayi yang lahir normal. Hal ini karena ada koreksi usia diantara keduanya yang menjadi penyebab kenapa bayi prematur akan lahir jauh lebih kecil dari segi berat maupun panjangnya. Meski demikian, hal tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena seperti yang telah Kami paparkan tadi keduanya memiliki usia koreksi yang berbeda.


Pertumbuhan dan perkembangan bayi prematur akan mengalami keterlambatan dibandingkan dengan bayi normal atau bayi yang lahir cukup bulan yakni 9 bulan. Hal tersebut tentu dapat membuat setiap orang tua merasa khawatir, namun hal tersebut wajar. Selain dikarenakan perkembangan dan pertumbuhan antara keduanya yang berbeda, bayi prematur lahir lebih dulu sehingga ia perlu mengejar ketertinggalan pertumbuhan maupun perkembangan dengan bayi yang lahir normal. Itulah alasannya kenapa siklus tumbuh kembang anak antara yang lahir normal dengan yang premature memiliki perbedaan yang cukup jauh. Ketika bayi yang lahir lebih dulu seharusnya, sistem saraf dan otaknya belum berkembang dengan baik atau belum cukup matang jika dibandingkan dengan bayi yang lahir normal.

Akan tetapi, jika Kita menghitung usia bayi prematur yang sebenarnya, maka hal tersebut bisa membantu setiap orang tua dalam menilai perkembangan serta pertumbuhan bayi yang lahir prematur. Caranya sangat mudah sekali dimana Anda hanya perlu menyesuaikan usia anak dengan cepat dalam mengejar ketertinggalannya. Sehingga usia anak dalam perkembangan tersebut lama – kelamaan akan mampu menyamai dengan anak yang lahir cukup bulan atau lahir normal, akan tetapi dengan catatan gizi anak, lingkungan anak dan juga stimulasi anak tercukupi dengan baik.

Itulah beberapa perbedaan yang membedakan antara bayi prematur dan bayi yang lahir normal. Tidak sulit bukan? Yang mana keduanya hanya memiliki perbedaan sedikit saja dalam tumbuh kembangnya.

Komentar