Ketahui 3 Ciri-Ciri Utama Cerobong Asap Tenaga Surya

Cerobong asap diperlukan sebagai ventilasi dari pembangkit listrik tenaga surya yang digunakan. Tujuannya untuk stabilitas udara di dalam rumah karena adanya penggunaan panel surya yang bekerja menyerap panas untuk menghasilkan energi listrik. Berikut ini 3 ciri-ciri utama cerobong asap tenaga surya yang perlu diketahui saat pemasangan panel surya.


1. Cerobong Termal

Cerobong asap pada tenaga surya untuk listrik disebut dengan cerobong termal pasif dari sistem ventilasi surya. Termal merupakan kolom udara dengan cara kerjanya akan membuat udara dingin masuk ke dalam rumah atau perusahaan.

Udara panas dari efek penggunaan panel surya didorong keluar sehingga udara di dalam ruangan pun akan tetap terjaga kesegarannya tanpa kotoran. Pastikan cerobong asap ini dapat bekerja dengan optimal dengan melakukan pemantauan dari proses kerjanya. Saat melakukan perawatan pada panel surya maka sekaligus melakukan pengecekan pada fungsi cerobong asap.

2. Non Mechanical

Cerobong asap ini bersifat non mechanical yang artinya tidak menggunakan mesin. Penggunaan cerobong ini tidak menggunakan listrik yang akan terus bekerja untuk membuat udara panas di dalam ruangan dapat keluarkan tanpa hambatan.

Letak dari cerobong asap ini akan disesuaikan dengan letak pembangkit listrik tenaga surya yang dipasangkan pada atap rumah. Ukuran cerobong akan disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan untuk stabilitas suhu udara di dalam ruangan. Semakin besar panel yang dipasang maka semakin besar juga cerobong yang perlu digunakan.

3. Bahan Pembuatnya

Cerobong asap ini dibuat dari masa termal berongga dengan bagian atas yang terbuka seperti knalpot. Bagian inlet lebih kecil dari pada oulet yang akan membuat udara panas naik melalui eksterior knalpot outlet. Cerobong ini akan mengurangi dan melakukan pertukaran dari interior untuk udara hangat dan eksterior untuk udara dingin.

Pemasangan panel tenaga surya untuk listrik merupakan solusi terbaik dalam menghadapi kondisi energi pembangkit listrik yang makin merosot. Kamu bisa memenuhi kebutuhan listrik dari alat-alat di rumah 24 jam sekalipun PLN memutuskan arus listrik. Selama pemasangan panel surya perlu perawatan rutin agar fungsinya dapat berjalan optimal untuk menghasilkan listrik.

Komentar