Tips Pakai Baju Batik Biar Kamu Nggak Keliatan Tua

Kadang-kadang kita nggak sadar kalau sedang memakai fashion items yang bisa bikin kita terlihat lebih tua dibandingkan dengan usia kita sebenarnya. Di antara penyebabnya adalah karena pilihan warna, motif, hingga panjang dan tingkat kelonggaran pakaian yang dikenakan.


Beberapa contoh fashion items yang bisa bikin kita terlihat lebih tua dibandingkan dengan usia kita sesungguhnya diantaranya adalah: baju dengan potongan leher yang rendah, kacamata dengan frame tipis, berpakaian serba hitam, menggunakan aksesoris bermotif floral, high heels yang tebal, hingga baju longgar.

Tapi selain beberapa fashion items di atas, sebenarnya ada satu lagi yang sering bikin kita tampil kayak “Pak RT” atau kayak emak-emak, dan itu adalah... ‘batik.’ Seperti yang telah diungkapkan di atas, penyebab mengapa baju batik bisa bikin kita kelihatan tua saat mengenakannya, diantaranya adalah, karena banyak batik yang menggunakan motif floral dan rapat serta berwarna gelap.

Tips Pakai Baju Batik Agar Tidak Terlihat Tua

Agar tidak kelihatan tua saat mengenakan batik, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

Hindari mengenakan batik berwarna gelap

Beberapa tahun belakangan ini, banyak anak muda yang tertarik untuk mengenakan batik sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap warisan nenek moyang dan sebagai bentuk dari kecintaan mereka terhadap produk tanah air.

Merespon antusiasme anak-anak muda tersebut, saat ini sudah banyak produsen batik yang mencoba menawarkan sesuatu yang baru dan bisa mengikuti perkembangan zaman. Misalnya batik berwarna cerah, motif atau pola yang modern hingga style yang lebih trendy.

Kenakan batik yang motifnya agak renggang

Perancang busana dan Co Founder Jakarta Creative bernama Iwet Ramadan mengatakan, “motif kain yang terlalu rapat bisa bikin kita terlihat lebih tua.” Hal tersebut diungkapkannya usai Press Conference Peluncuran Kreasi Nusantara yang digagas oleh salah satu online shop populer di tanah air.

Jadi, kalau kamu tertarik untuk membeli batik dengan corak tradisional, seperti batik Solo yang emang terkenal sangat khas, kamu wajib memilih yang motifnya tidak terlalu rapat.

Jangan membungkus seluruh tubuh dengan kain batik

Selain akan terlihat terlalu ramai karena ciri khas batik adalah motifnya yang padat. Ini juga bisa bikin kamu terlihat seperti mau menghadiri upacara adat.

Nah, agar kamu tampil lebih trendi dan gaya saat mengenakan batik, jangan lupa memadukannya dengan sebuah pakaian polos, entah itu atasan atau bawahan. Misalnya, kalau kamu tertarik buat memakai rok batik, kamu sebaiknya mengenakan atasan kaos polos, sehingga kesan yang ditampilkan jadi agak kasual dan anak muda banget.

Gunakan ukuran yang pas di badan atau body fit

Hindari memilih baju kebesaran atau yang kelewat longgar. Sebaliknya, pilihlah yang pas di badan. Jika ingin terlihat sedikit lebih modern, lebih muda, serta kasual, kamu wajib memilih kemeja batik yang agak ketat.

Komentar