Perawatan Genset Agar Lebih Tahan Lama

Ketika Anda menyewa sebuah genset pada pusat sewa genset Papua, tentu yang wajib dilakukan adalah merawatnya dengan benar. Mengapa? Karena jika dirawat dengan benar, genset tidak akan mengalami masalah dan pekerjaan di lapangan pun tidak ada yang tertunda jika harus mengganti unit baru.

Genset

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, terkait dengan merawat genset. Penasaran apa saja? Simak tips berikut ini.

Pastikan pengoperasian genset dengan benar

Saat akan menggunakan genset, pastikan Anda tahu cara mengoperasikannya. Baca selalu buku petunjuk penggunaan atau jika kurang yakin, panggil operator genset pada pusat penyewaan. Operator akan datang membantu Anda mengoperasikan genset dengan tepat.

Jaga selalu kebersihan genset

Genset yang kotor karena kurang dirawat akan memperpendek usianya. Genset memang harus rutin dibersihkan supaya tidak ada kotoran yang menumpuk. Karena jika sampai ada karat atau korosi, genset lambat laun akan rusak. Pembersihan genset pun bukan hanya di luarnya saja. Bahkan di bagian BBM, juga harus dibersihkan agar tidak tercampur endapan partikel kotoran yang membuat mesin mati.

Memanaskan genset secara berkala

Meski tidak akan digunakan, memanaskan genset itu perlu. Sama seperti mobil atau motor, jika tidak dipanaskan, akan “ngadat” tidak mau distarter. Begitu pula dengan genset. Jika tidak dipanaskan, genset akan sulit distarter. Hal itu disebabkan karena mesin yang tidak dilumasi oli dengan baik. Jadi panaskanlah genset secara berkala agar bisa memberikan performa terbaik.

Tempatkan genset di lokasi yang kering

Karena genset menghasilkan listrik yang tinggi, maka letakanlah di tempat yang kering jauh dari genangan air. Mengapa? Karena jika ada genangan, dikhawatirkan terjadi sengatan listrik karena air merupakan konduktor yang baik. Taruh pondasi kayu di bawah genset untuk mencegah terkena air.

Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik

Saat genset dioperasikan di sebuah ruangan, pastikan ruangan tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan supaya gas buang hasil pembakaran dapat keluar dengan baik. Pengguna pun akan lebih aman dari udara yang tercemar.

Komentar