Diving Menyenangkan untuk Para Pemula dengan Cara Dasar yang Mudah Berikut Ini!

Olahraga adalah salah satu cara untuk bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat karena aktivitas yang membuat tubuh bergerak. Kini banyak sekali jenis olahraga yang ada dengan masing-masing kelebihannya. Salah satu jenis olahraga yang banyak disukai adalah olahraga air. Olahraga air bukan hanya berenang karena ada juga olahraga diving atau menyelam yang kini sedang banyak digandrungi. Beberapa waktu belakangan, menyelam sedang banyak disukai sehingga banyak sekali yang tertarik untuk belajar menyelam.



Jika Anda juga tertarik untuk mempelajari olahraga yang satu ini, maka Anda wajib mempersiapkan kocek yang cukup dalam karena memang perlengkapannya sendiri sangat banyak. Selain itu, latihan menyelam juga bukan hal sembarangan mengingat Anda akan berada di dalam air dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga pertimbangan keamanan pun adalah menjadi prioritas. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk para penyelam pemula:

1. Alat dasar menyelam

Untuk menjaga keamanan Anda selama menyelam, maka semua perlengkapan menyelam harus dilengkapi. Untuk bisa bernafas di dalam air, maka penyelam wajib memakai alat SCUBA, diantaranya:
  • Tabung untuk menyimpan udara.
  • Regulator untuk menyalurkan udara dari tabung ke mulut.
  • Oktopus untuk menyambung selang ke mulut.
  • Deep gauges untuk mengukur kedalaman.
  • Pressure gauges untuk mengukur tekanan.
  • BCD untuk menempel tabung ke tubuh penyelam.
  • Wetsuit yaitu baju penyelam.
  • Masker untuk mata.
  • Fin yaitu kaki katak.

2. Selalu ikuti petunjuk

Tentu Anda tidak mungkin berlatih menyelam sendiri bukan? Untuk itu pastinya akan ada pelatih di sekitaran Anda. Agar Anda bisa belajar dan tetap aman, maka pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk dari sang instruktur. Umumnya akan dilakukan briefing sebelumnya sehingga akan ada gerakan-gerakan yang harus Anda pahami nantinya.

3. Mulai penyelaman

Sebelum menyelam, Anda wajib tenangkan diri Anda dan yakin. Jangan sampai ragu karena hal ini juga bisa mempengaruhi penyelaman nantinya. Tidak perlu terlalu takut karena akan ada teman atau pelatih di sekitar Anda sehingga tidak perlu terlalu panik akan segala sesuatunya.

4. Prosedur awal

Proses masuk ke dalam air disebut entry. Proses ini adalah proses awal untuk diving dan harus dilakukan dengan tenang. Untuk pemula, umumnya disarankan dengan memasang alat SCUBA ketika sudah ada di air.

5. Lakukan gerakan tubuh yang sesuai

Dalam penyelaman, posisi dan gerakan tubuh akan sangat mempengaruhi segala hal di dalam air. Untuk itu, sangat disarankan sebelum Anda belajar menyelam, Anda sudah harus bisa berenang dengan baik sehingga sudah terbiasa memposisikan tubuh di dalam air. Buatlah tubuh menjadi senyaman mungkin di dalam air dan tidak harus buru-buru karena akan membuat tubuh mudah lelah.

6. Ekualising

Tindakan penyesuaian tekanan telinga dengan bagian di luar tubuh disebut dengan ekualising. Caranya, Anda bisa menutup lubang hidung lalu keluarkan udara melalui hidung saat tangan masih memencet bagian hidung. Menelan ludah juga bisa dilakukan. Lakukan hal ini sesering mungkin sehingga telinga tidak sakit.

Latihan diving tidak boleh dilakukan sendiri atau tanpa didampingi profesional mengingat di laut banyak hal bisa terjadi yang membahayakan diri. Untuk itu, pastikan daftarkan diri Anda ke pelatihan resmi menyelam sehingga Anda akan betul-betul dilatih sesuai prosedur dan keamanan. Nantinya jika Anda lulus, Anda akan bisa mendapat sertifikat resmi sehingga bisa menyelam dengan lebih bebas dimanapun.

Komentar