Enam Biji-bijian Yang Termasuk Superfood

Kumparan - Kamu mungkin lebih sering membuangnya ketimbang disimpan atau dimanfaatkan untuk diolah menjadi sebuah hidangan. Biji semangka, biji pepaya, atau biji labu kuning adalah contoh biji-bijian yang lebih sering disepelekan begitu saja.


Padahal di balik mungilnya biji-bijian tersebut, terkandung khasiat kesehatan yang mungkin tak pernah kamu duga sebelumnya. Jika diolah dengan benar, maka bisa menambah nutrisi kesehatan hidangan tersebut.

Dilansir Times of India, inilah enam biji-bijian yang selama ini sering dibuang padahal termasuk ke dalam kategori superfoods. Apa saja?

Biji Labu Kuning

Tak hanya buahnya yang kaya akan nutrisi, ternyata bijinya pun juga dipercaya dapat memberikan khasiat kesehatan. Biji labu kuning bisa kamu manfaatkan dengan cara merebusnya selama lima sampai 10 menit. Kemudian, tiriskan air dan panggang biji labu kuning dengan sedikit olesan minyak dan taburan garam.

Biji labu yang telah dipanggang akan memberikan nutrisi kesehatan mulai dari lemak omega 6, MUFA, vitamin E, vitamin B kompleks,  sampai mineral seperti mangan, potasium, besi, magnesium, zinc, dan selenium.

Biji Pepaya

Bentuknya memang terlihat menjijikan, namun biji pepaya ternyata mempunyai khasiat yang sama seperti buahnya yang manis. Merupakan sumber terbaik kalsium, magnesium dan fosfor, biji pepaya juga mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang baik bagi pencernaan tubuh.

Tak perlu dimasak, biji pepaya bisa kamu makan langsung atau mencampurnya dengan madu untuk menghilangkan rasa pahit yang terkandung di dalamnya.

Flax Seed

Nampaknya telah banyak yang tahu jika flax seed sudah sedari dulu termasuk kedalam golongan superfoods. Kaya akan omega 3, flax seed juga mengandung serat yang tinggi.

Selain itu, biji yang sering dimakan bersama dengan oat dan smoothie ini juga mengandung vitamin B1 dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan selenium. Untuk bisa menikmati manfaat flax seed, kamu bisa memanggangnya atau membuatnya menjadi bubuk dan dibuat menjadi sup.

Biji Semangka

Daripada membuangnya setelah habis dimakan, lebih baik kamu memanfaatkan biji semangka dengan cara menanamnya kembali. Atau, kamu juga bisa mengeringkannya dengan cara dipanggang.

Biji semangka kaya akan lemak omega 6 dan merupakan sumber vitamin yang baik. Mineral B-kompleks seperti magnesium, fosfor, zinc, besi, potasium, dan tembaga bisa kamu temukan dalam biji semangka.

Chia Seed

Chia Seed atau biji chia yang sering kamu temukan pada semangkuk smoothie merupakan sumber omega 3. Termasuk ke dalam golongan superfoods, biji chia juga mengandung mineral seperti besi dan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang.

Cara terbaik untuk menikmati biji chia adalah dengan merendamnya di dalam air selama semalaman. Selanjutnya, kamu bisa meminumnya di pagi hari saat perut belum dimasuki makanan apapun.

Biji Bunga Matahari

Identik dengan hewan hamster, biji bunga matahari menyimpan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Biji bunga matahari mengandung lemak omega dan merupakan sumber vitamin E, serta vitamin B kompleks.

Kandungan mineral yang beragam juga terdapat dalam biji bunga matahari, seperti kalsium, besi, mangan, zinc, dan asam amino tryptophan.

Sumber: kumparan.com

Disclaimer: Artikel ini sudah mendapatkan izin dari pihak Kumparan.com untuk ditampilkan di sini. Keabsahan artikel menjadi tanggung jawab Kumparan.com.

Komentar