Bengkak Selama Kehamilan

Memasuki trimester kedua saya memang semakin merasakan gerakan sang janin semakin aktif. Saya juga semakin merasakan lapar lebih sering. Tapi memang terkadang saya biarkan rasa lapar itu hingga benar-benar lapar. Karena terkadang cuma lapar mata aja. Males juga kalau timbangan makin gak terkontrol. Kadang sih saat belum waktunya makan tapi sudah mulai lapar, saya lebih memilih untuk makan makanan yang gak terlalu berat seperti nyemil buah. Niatnya sih supaya nutrisi juga terpenuhi dan berat badan gak naik terus. Memang kalau dilihat dari perkembangannya, berat badan saya naiknya normal. Tapi saya gak kepingin terlalu gemuk pada kehamilan ini. Karena gemuk itu bikin saya susah gerak. Udah perut belendung, badan juga berat, haduh, mana bisa gerak gesit kalau begini.



Memang penting banget untuk mengatur pola makan saat hamil, agar berat badan tetap terjaga dengan baik. Karena bagaimana pun juga berat badan akan berpengaruh juga pada kesehatan tubuh. Banyak sekali makanan sehat ibu hamil yang dapat dikonsumsi selama kehamilan. Salah satunya buah-buahan. Apalagi ini memang favorit banget buat saya.

Belum lagi pada trimester kedua ini sangat mengalami bengkak di tangan dan kaki. Kalau di kaki memang sudah gak terlalu parah. Tetapi yang parah banget itu di bagian tangan dan jari-jari. Ujung-ujung jari saya rasanya setengah mati rasa karena terlalu besar tekanan di ujung jari tersebut. Makanannya kalau dibuat ngetik rasanya ada bantalan, hihi. Tapi mau gemana lagi yang namanya blogger ya tetep harus nulis. Saya juga tetep harus ngerjain kerjaan rumah ini itu.

Katanya sih mengkonsumsi semangka atau buah yang banyak mengandung air akan bisa mengurangi bengkak di tubuh dan juga minum banyak air putih. Jadi sekarang memang berusaha untuk banyak mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air. Gak enak juga kalau harus bengkak terus hingga lahiran nanti. Kalau bisa sih segera bengkak di bagian tanggannya berkurang jadi gak perlu minta dipijietin suami terus tiap hari.

Dan kadang saya juga kebal dengan rasa panas. Pernah suatu saat sehabis makan saya memegang mangkok yang baru saja saya tuang masakan yang panas, tapi justru saya hanya merasakan sedikit hangat. Padahal kata suami mangkok itu panas banget. Nah loh sampai separah itu.

Kalau kamu saat hamil pernah merasakan hal yang sama gak?

Komentar