Tidak Semua Orang Harus Tahu

Dari dulu aku termasuk orang yang suka merahasiakan banyak hal. Bagiku, tidak semua orang harus tahu. Bahkan kadang hal penting pun tidak aku ceritakan pada orang terdekat (keluargaku). Aku lebih suka mengungkapkannya dalam blog-ku dalam bentuk puisi atau apalah sesuatu yang tersirat. Ini lebih aku sukai karena aku tidak ingin orang tahu apa yang aku pikirkan dan rasakan secara gamblang.


Ada beberapa alasan aku suka merahasiakan banyak hal. Yang pertama adalah tidak semua orang bisa menjaga sebuah rahasia. Mungkin dia tidak bermaksud membongkar rahasia, namun kadang terucap secara tidak sengaja. Yang kedua, tidak semua orang yang ingin mendengar ceritamu adalah orang yang peduli. Kebanyakan mereka hanya ingin mengetahui ceritanya saja dan enggan memberikan solusi.

Bahkan dulu saat pertama kali serius suka dengan seorang cewek yang menjadi istriku sekarang, aku hanya cerita pada satu temanku di Lab yang aku yakin dia akan menjaga rahasia dan memberikan solusi. Mengapa aku yakin dia bisa melakukan hal itu? Ya, dia sudah pengalaman selama kurang lebih 4 tahun punya cewek. Jadi pasti dong dia tahu bagaimana cewek dan tips menghadapinya. Aku dulu sih memang jago membuat puisi dan tahu banyak teori tentang cinta, namun tetap butuh referensi dari orang yang langsung praktik di lapangan. Haha.

Jadi, ketika kamu melihat temanmu yang tidak ingin curhat, maka jangan dipaksa. Biarkan dia menjaga rahasianya sendiri hingga dia memang memintamu untuk mendengarnya bercerita. Umumnya manusia memang pasti punya satu masalah yang tidak kunjung selesai. Aku sendiri dulu juga punya masalah yang cukup lama, dari tahun 2002 hingga tahun 2012 belum selesai juga. Akhirnya aku putuskan untuk melupakan masalah itu dan berputus asa darinya. Ada lagi kakak kelasku yang juga punya masalah. Mungkin menurutku atau menurutmu masalahnya sangat mudah untuk diselesaikan. Namun, faktnya hingga 4 tahun lebih kakak kelasku tidak bisa menyelesaikannya. Entah, apakah sekarang sudah selesai apa belum. Aku sudah lama tidak bertemu.

Jika kamu punya masalah, lebih baik rahasiakan dari banyak orang. Berdoalah agar cepat selesai masalahmu. Jika kamu menemukan orang yang menurutmu bisa membantumu, maka mintalah bantuannya. Bagaimana pun jika kamu pikirkan sendirian, maka tidak akan pernah selesai.

Komentar

  1. Setuju banget, sebuah masalah kalo digembar-gembor malah yang ada makin ribet, bukannya makin simpel. Aku suka banget sama tulisanmu, hehehe, ayo donk nulis lebih banyak lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, kebanyakan yang ikut campur ga enak
      yang punya masalah udah selesai, yang lain masih ngeributin :D
      ini lagi mulai nulis normal lagi Kev
      tapi ya gitu, aku bagi2 ke banyak blog-ku
      ga tersentral pada satu blog aja

      Hapus
  2. disabarin aja dulu, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya..

    BalasHapus
  3. lebih baik hanya kita sendiri yang mengetahui dan merasakan.. jos tenan mas iskandar iki.

    BalasHapus

Poskan Komentar