Beda Budaya Beda Penyikapan

Indonesia memang memiliki banyak suku. Gak heran ya kalau makanannya macam-macam. Dulu saat pertama kali ikut suami ke Surabaya saya agak kaget dengan budaya dan makananya. Apalagi ketika banyak makanan yang menggunakan petis. Saya yang jarang banget makan petis merasa aneh dengan petis ini. Apalagi baunya cukup menyengat dan rasanya asing. Beda dengan suami yang memang sudah terbiasa dari kecil.



Suami juga sempat kaget dengan makanan yang ada di Jawa Tengah. Apalagi yang namanya gudeg. Makanan ini memang terkenal dengan rasa manisnya. Jadi suami gak terlau suka dengan gudeg karena rasa manis kurang cocok dimakan dengan nasi. Ya jangankan suami saya juga gak suka dengan gudeg yang manis banget, hihi. Sampai suatu saat ketemu penjual gudeg yang enak, rasa sayur nangkanya gak terlalu manis dan komposisi rasa manis, asin dan pedasnya pas. Gak bikin orang jadi eneg, Malahan yang ada ketagihan kepengen terus, hihi.

Selain masalah makanan, kebudayaan yang ada di Indonesia ini banyak banget dan kadang memang bikin harus menyesuaikan diri kalau ke tempat yang sudah beda budaya. Saya dan suami bisa dibilang agak beda masalah kultur. Saya dari Jawa Barat dan suami Jawa Timur. Tapi gak masalah sih karena kulturnya juga mirip-mirip. Paling juga menyesuaikan aja.

Yang bikin saya agak kaget sih masalah kebiasaan bowo atau biasanya ngasih pengantin sumbangan entah itu berupa uang atau barang. Ternyata bowo ini bisa bikin orang bangkrut. Gak semua orang yang bowo ke acara kita itu tulus nyumbang loh. Ternyata kebanyakan pamrih dan kalau mereka giliran punya acara, kita harus nyumbang setara dengan sumbangan yang pernah kita dapatkan. Ini ternyata gak hanya di Jawa Timur. Di desanya ibu saya juga gitu, cuma beda nama aja. Kalau bowo itu bahasanya orang Surabaya kayaknya.

Dulu saya gak tahu kalau kita dapat bowo yang gede gitu harus ngebalikin sejumlah itu atau ditambahin. Bukannya gak mau nyumbang setara dengan yang memberi sumbangan sih. Tapi namanya ekonomi orang kan gak tentu, pas lagi bokek masa mau maksaain nyumbang banyak-banyak? Nah ini yang bikin saya mikir-mikir kalau mau bikin acara. Takut aja repot sendiri pas harus ngebalikin bowo-an.

Padahal saya sendiri ketika menyumbang orang gak pernah mengharuskan kalau orang yang saya sumbang harus memberikan sumbangan dengan jumlah yang sama. Pokoknya kalau diundang ya nyumbang sebisanya. Apalagi kalau saudara, ya sebisa mungkin saya kasih yang bagus-bagus. Sayangnya saya berada di tempat yang mengharuskan saya mengikuti kebiasaan ini. Gak punya pilihan lagi selain mengikuti kebiasaan ini.

Kalau di daerah kamu ada kebiasaan kayak gini juga gak?

Komentar