Persiapan Bepergian dengan Membawa Bayi

Bepergian adalah hal sering kali kita lakukan selama hidup ini. Saya yakin sebagian besar orang di dunia ini pernah melakukan bepergian. Mulai dari bepergian di tempat yang dekat, semisal ke rumah saudara yang jaraknya di bawah 10 kilometer hingga bepergian ke tempat yang jauh hingga ratusan kilometer. Untuk tahun kemarin saya hanya bepergian jauh hanya sekali dalam setahun. Sangat berbeda dengan sebelum-sebelumnya yang dalam setahun bisa lebih dari 3 kali. Apalagi saat itu anak saya masih terhitung sangat kecil. Bepergian yang pertama ke luar provinsi dengan membawa anak yang waktu itu usia anak saya masih 5 bulan.


Saat pertama kali bepergian membawa anak saya dan istri mengalami kualahan yang bukan main. Sudah perjalanannya jauh dan lama, saya lupa mempersiapkan berbagai perlengkapan yang membuat anak saya nyaman dalam perjalanan. Namun, setelah mengalami hal yang pahit di kali pertama perjalanan membawa anak, akhirnya saya dan istri menyiapkan daftar perlengkapan bayi sejak dini sebelum melakukan perjalanan.

Posisi saya waktu itu perjalanan menggunakan kereta api. Saat kali pertama perjalanan saya hanya memesan 2 kursi saja. Saya pikir itu cukup karena anak saya masih 5 bulan saat itu. Ternyata itu adalah sebuah awal kesalahan cara berpikir saya. Justru dengan memesan kursi kereta yang pas-pasan malah membuat anak saya tidak nyaman sepanjang perjalanan. Di perjalanan yang kedua, saya dan istri memutuskan untuk memesan 4 kursi. Memang terlihat 2 kursi mubazir. Namun, sebenarnya itu tidak mubazir. Dua kursi lainnya yang kosong bisa untuk menaruh anak saya ketika dia tertidur. Ketika anak dalam perjalanan jauh dan tidur dalam gendongan, anak merasa tidak nyaman dan capek. Sedangkan jika diletakkan dalam kursi kereta, dia tidak akan sebegitu capek.

Selain itu, akan ada space kosong yang banyak yang bisa saya dan istri gunakan untuk meluruskan kaki. Apalagi masalah yang sangat penting adalah masalah privasi. Saat kamu perjalanan dengan anakmu yang masih 5 bulan, pasti sang anak kadang minta disusuin. Nah, istri saya harus pontang-panting menyembunyikan privasi ketika di depan ada orang lain. Namun, karena kami sudah pesan 4 kursi, maka kalau ingin menyusui pun tidak sesusah sebelumnya.

Oh yah, yang tidak kalah pentingnya adalah ketika membawa bayi saat perjalanan, perbanyak persediaan popok sekali pakai, tisu basah dan tisu kering, pakaian ganti untuk bayi, serta masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bayimu.

Komentar