Cara Merawat Pakaian Putih

Manusia tidak akan lepas dengan yang namanya pakai baju. Setiap hari manusia berpakaian dalam berbagai aktivitas. Ke kantor, ke sekolah, ke pasar, dan ke mana saja memakai pakaian. Bahkan untuk yang ke kantor dan ke sekolah biasanya diwajibkan memakai pakaian putih di momen-momen tertentu. Padahal kita tahu sendiri bahwa tidak mudah merawat pakaian yang berwarna putih. Mulai dari rentan kotor, pakaian putih ini juga sangat rentan menguning dan kusam akibat lamanya disimpan maupun digunakan.


Karena sangat rentannya pakaian berwarna putih, maka perlu adanya cara merawat pakaian berwarna putih. Berikut ini adalah beberapa cara merawat pakaian putih yang bisa kamu praktikkan.

Memisahkan Pakaian Putih

Untuk menjaga pakaian putih agar tetap awet putih, saat sebelum mencuci kamu harus memisahkan dulu mana pakaian yang putih dan pakaian yang berwarna lain. Pakaian putih ini sangat rentan terkena lunturan pakaian warna lainnya. Jika sudah terkena lunturan pakaian warna lain, akan sangat susah untuk mengembalikan lagi ke warna putih seperti semula. Hal ini memang menyusahkan karena harus kerja dua kali, namun tiada cara yang lebih ampuh lagi dari cara ini.

Masukkan Plastik Jika Disimpan Lama

Untuk menjaga pakaian putih agar tidak kusam ketika disimpan lama, alangkah baiknya jika kamu memasukkannya di dalam plastik. Hal ini terbukti membuat pakaian putih tetap awet warna putihnya dan tidak kusam. Sangat berbeda ketika kamu menyimpannya tanpa dimasukkan ke dalam plastik, beberapa bulan disimpan saja sudah kusam.

Tidak Menjemur di Tempat yang Sangat Terik

Terkadang orang ingin cepat kering saat menjemur baju dan menjemurnya di tempat yang sangat terik. Hal ini tidak bagus jika kamu kelupaan mengangkat dengan segera ketika sudah kering. Terik matahari juga berpotensi membuat baju cepat kusam warnanya. Bahkan untuk pakaian berwarna selain putih saja menjemur di tempat yang sangat terik bisa membuat warna pakaian cepat pudar. Untuk itu triknya adalah ketika menjemur pakaian, pakaian dibalik bagian luarnya ditaruh di dalam, bagian dalamnya ditaruh di luar.

Tidak Menggunakan Pemutih Secara Berlebihan

Ketika pakaian putih terkena noda, tidak mengapa memberikan pemutih untuk menghilangkan noda tersebut. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan pemutih secara berlebihan. Penggunaan yag berlebihan juga bisa membuat pakaian cepat kusam. Dan best practice-nya memberi pemutih hanya pada bagian baju yang terkena noda saja, jangan dicelup semua.

Itulah 4 cara merawat pakaian putih yang bisa kamu praktikkan. Semoga tips di atas berguna bagimu.

Komentar