Rencana Liburan Akhir Tahun

Akhir tahun adalah waktu yang pas untuk liburan. Pasalnya memang anak sekolah sudah mengambil rapor dan liburan selama kurang lebih 2 minggu. Hal ini bisa menjadi sebuah pertimbangan bagi orang tua untuk mengajak anaknya liburan. Selama ini sang anak pasti jenuh dengan kegiatan yang monoton setiap harinya: bagun tidur, mandi, berangkat sekolah, dan berkutat ke kegiatan itu-itu saja. Dengan adanya liburan otak anak akan tercerahkan dan terbebas dari kepenatan aktivitas sekolah sebelumnya.


Tak hanya itu, dengan adanya liburan keluarga, anak akan lebih mudah ketika masuk sekolah nanti ditanya mengenai ke mana saja mereka saat liburan. Saya dulu saat sekolah juga sering ditanya bahkan disuruh membuat karangan mengenai liburan sekolah selama 2 minggu yang sudah saya lalui. Karena dulu saya lebih banyak menghabiskan liburan dengan bermain, maka bisa ditebak isi karangan saya adalah mengenai saya bermain apa saja saat liburan.

Nah, bagi kamu yang mempunyai budget lebih, alangkah baiknya jika liburan diisi dengan liburan di luar kota atau pergi ke rumah kerabat. Beberapa orang yang saya kenal jika masa liburan telah datang, mereka ada yang menghabiskan masa liburannya di luar negeri. Ada juga yang menghabiskan masa liburannya di dalam negeri seperti di Bali atau Lombok yang terkenal dengan wisata pantainya. Jika kamu ingin liburan ke Bali dan sebelumnya belum pernah ke sana, saya sarankan untuk mencari informasi mengenai Bali terlebih dulu. Setidaknya kamu sudah harus mengantongi informasi berupa Bali maps for tourists agar di sana kamu tahu apa saja wisata yang bisa kamu nikmati. Jangan sampai hari-harimu di sana malah tidak optimal.

Namun, jika kamu tidak punya budget untuk bepergian ke luar negeri maupun ke luar kota, lebih baik kamu menyiapkan rencana liburan di dalam kota saja, misal mengunjungi landmark kotamu bersama keluarga. Bagaimana pun liburan tidak harus mewah, yang penting bisa mengurai kepenatan dalam otak akibat aktivitas sehari-hari sebelumnya.

Bagaimana dengan saya? Rencana liburan akhir tahun saya akan lebih banyak di rumah dengan mengerjakan projek-projek kecil yang nantinya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah di beberapa bulan kedepan. Terkesan aneh yah, yang lainnya liburan ke luar rumah, saya malah lebih banyak menghabiskan di rumah. Itu tidak aneh, karena saya bisa liburan kapan saja. Saya kerja di rumah, tidak terikat oleh pola keseharian pekerja kantoran. Jika saya ingin liburan, maka saya bisa mengambil liburan kapan saja. Namun, tetap saja saya harus memperhatikan porsi produktivitas. Namun setidaknya dengan adanya liburan akhir tahun ini saya lebih santai karena tidak ada task harian ringan yang harus saya kerjakan seperti biasanya.

Komentar