Rawat Gorden Minimalis, Agar Rumah Anda Selalu Tampil Cantik

Semua orang umumnya akan senang melihat sesuatu yang indah, cantik dan segar. Seperti wajah wanita yang tampil bersinar, bersih dan cantik. Tentu tak hanya pria saja yang akan tertegun memandangnya. Para wanita lainnya juga akan bertanya-tanya apa yang membuat wajah tersebut cantik dan enak dipandang. Salah satu hal utama yang membuat wajah halus dan bersih adalah karena si pemiliknya selalu merawat dan membersihkannya secara teratur. Tak hanya wajah saja yang membutuhkan perawatan. Seperti furniture rumah kita, mereka juga membutuhkan perawatan khusus agar selalu tampil bersih, indah, cantik dan enak dipandang. Contohnya gorden minimalis. Hampir semua rumah memiliki gorden sebagai pelengkap hiasan jendela rumah.


Secara umum gorden merupakan sebuah potongan kain baik polos maupun dengan hiasan-hiasan mewah, yang digantung pada sebuah railing yang dipasang untuk menutupi jendela agar dapat melindungi cahaya matahari masuk secara langsung dan juga agar kondisi didalam ruangan rumah tidak secara langsung dapat terlihat dari luar. Namun kini gorden juga berfungsi sebagai penambah hiasan rumah agar terlihat semakin cantik dan elegan. Baik gorden biasa, minimalis maupun gorden mewah dapat Anda gunakan sesuai fungsinya.

Gorden mewah biasa digunakan pada jendela di ruang tamu. Gunanya agar ruang tamu semakin tampak indah dan megah. Gorden biasa maupun minimalis biasanya digunakan pada jendela di kamar tidur. Bahkan banyak juga digunakan pada bagian luar pintu kamar. Untuk menutupi bagian kamar jika pintu kamar sedang dalam keadaan terbuka maupun sebagai hiasan pintu kamar.

Sebagai dekorasi, gorden tak jarang menjadi pusat perhatian ketika tamu masuk kedalam rumah. Sekarang kebanyakan orang lebih suka menggunakan gorden minimalis untuk melengkapi jendela rumah mereka. Disamping cara merawatnya lebih mudah, cara memasangnya pun juga sederhana. Berbicara mengenai perawatan gorden, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk merawat gorden milik Anda agar dapat bertahan lama dan selalu indah.

Dalam hal membersihkan gorden, meski terlihat sulit, namun Anda tetap harus membersihkan dan mencuci gorden kesayangan Anda tersebut. Langkah-langkahnya adalah:
  • Umumnya Anda dapat mencuci gorden minimal satu hingga tiga bulan sekali. Tergantung pada kondisi rumah Anda sendiri. Jika lingkungan rumah Anda lebih beresiko tinggi pada debu, tungau dan jamur akibat lembab, maka Anda dapat melakukan pencucian setiap satu bulan sekali.
  • Dalam pencucian Anda juga harus memperhatikan jenis bahan pada gorden agar dalam pencucian bahan tidak rusak karena kesalahan dalam proses mencuci. Jika memang gorden memiliki rumbai-rumbai ataupun lipitan sederhana atau hiasan lainnya, Anda dapat mencucinya sendiri dengan kekuatan putaran mesin cuci yang ringan atau juga bisa mencuci dengan cara manual yaitu dengan tangan.
  • Pastikan juga bahwa gorden Anda dapat dicuci. Karena tak semua gorden dapat dicuci seperti gorden berbahan sutra, wol dan juga rayon.
  • Dalam proses penjemuran juga pastikan bahwa sinar matahari tidak langsung mengenai gorden. Karena hal tersebut dapat menyebabkan warna pada gorden akan pudar.

Sedangkan untuk membersihkan gorden, Anda dapat menggunakan kemoceng, vacuum cleaner ataupun kain basah, untuk menghilangkan debu dan juga kotoran yang menumpuk. Hati-hati dalam membersihkannya, agar gorden tidak rusak atau terlepas dari railing. Begitulah cara merawat gorden minimalis kesayangan Anda. Bersihkan secara rutin agar gorden dapat bertahan lama dan awet digunakan dalam jangka waktu lama. Dan pastikan juga, gorden Anda bebas dari gigitan rayap dan juga tikus.

Komentar