Cara Mudah Mengenalkan Buku Pada Anak

Membaca bagi beberapa orang memang aktifitas yang kurang menyenangkan. Padahal dengan membaca kita bisa mendapatkan banyak ilmu. Sayangnya minat baca orang Indonesia ternyata masih cukup rendah. Mengenalkan buku pada anak memiliki banyak manfaat. Dengan membaca buku si kecil dapat menambah kosakata baru, sehingga akan membuatnya dapat berbicara dengan baik.

Buku
Credit: Pexels.com


Sehingga menjadi PR bagi Bunda untuk dapat membuat si kecil menikmati aktifitas membaca. Dengan mengenalkan membaca sejak dini akan membuat anak menyukai aktifitas membaca sehingga tak lagi bosan ketika membaca buku.

Cara Mudah Mengenalkan Buku Pada Anak

Untuk dapat membuat si kecil menyukai buku, Bunda tidak dapat memaksakan si kecil untuk membacanya. Ada beberapa cara yang harus Bunda lakukan agar si kecil mau membaca buku.

Memberikan Contoh

Anak akan selalu mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya, jadi jika Bunda ingin si kecil menyukai buku, maka Bunda harus mencontohkannya. Bunda dapat mencontohkannya dengan membaca buku di dekatnya. Dan si kecil dapat Bunda pangku untuk ikut melihat buku yang Bunda baca. Bunda bisa membaca dengan mengeraskan suara agar si kecil tahu apa yang Bunda baca. Meski si kecil belum memahaminya, biarkan saja si kecil mengamati Bunda membaca.

Mengenalkan Buku Sejak Dini

Agar si kecil menyukai aktifitas membaca, Bunda dapat mengenalkan si kecil dengan buku-buku sejak si kecil masih belum mengerti membaca sekali pun. Buku yang Bunda pilih dapat berupa buku kain yang membuat banyak gambar yang menarik. Si kecil akan mulai mengenal buku meskipun belum memahami sepenuhnya buku tersebut.

Memilih Buku yang Menarik

Bagi anak-anak apalagi jika si kecil belum bisa membaca, Bunda harus memilihkan buku yang lebih banyak gambarnya. Sehingga si kecil dapat menikmati buku meski hanya sekedar melihat gambarnya. Bunda dapat memilihkan buku yang memiliki kertas yang tidak mudah rusak sehingga aman dan tidak khawatir jika disobek dan dimakan si kecil.

Mendampingi Si Kecil Saat Membaca

Si kecil yang belum bisa membaca pasti akan kesulitan untuk memahami buku yang diberikan. Bunda dapat mendampingi si kecil saat mengenalkan buku. Selain si kecil dapat memahami isi buku tersebut, Bunda juga sekaligus mengajarkan si kecil untuk mengenal huruf.

Membacakan Cerita Pendek Sebelum Tidur

Banyak riset membuktikan bahwa membacakan cerita pendek pada anak sebelum tidur dapat membuat si kecil menambah banyak kosa kata. Bunda dapat memilih cerita pendek anak yang menarik dan memiliki pesan moral yang bagus.

Komentar