Cara Merawat Mesin Cuci Piring

Hidup tidak lepas dari kegiatan sehari-hari yang kelihatannya itu-itu saja. Namun, bagaimana lagi. Kamu pun tidak akan mungkin bisa hidup hingga saat ini jika tidak melakukan hal-hal rutinitas. Rutinitas yang tidak mungkin dihindari manusia adalah makan. Manusia hanya bisa bertahan 3 hari jika tidak makan sama sekali. Selebihnya maka akan timbul gangguan pada organ tubuhnya yang bisa menyebabkan kematian.

Berbicara mengenai aktivitas yang rutin berupa makan, sangat tidak jauh dari aktivitas lainnya yang terkait dengan makan yaitu cuci piring. Cuci piring adalah hal yang mudah. Hampir semua orang bisa melakukannya. Namun, yang jadi masalah bukanlah cuci piringnya, akan tetapi kemauan untuk melakukan cuci piring setiap selesai makan. Piring yang tidak dicuci setiap selesai makan akan terus bertumpuk dan membuat diri kita akan lebih malas lagi untuk melakukan cuci piring. Sayangnya tidak mungkin manusia lepas dari kegiatan cuci piring ini. Jadi, mau tidak mau harus dihadapi.


Untuk menghadapi masalah malas cuci piring ini, di luar Indonesia banyak sekali orang yang sudah menggunakan mesin cuci piring untuk menghemat waktu. Mungkin di Indonesia sudah ada yang pakai mesin cuci piring, namun tidak begitu umum di masyarakat kita.

Nah, jika kamu mempunyai mesin cuci piring, kamu harus menjaga dan merawatnya agar awet hingga bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Pasalnya memang mesin pencuci piring ini harganya juga tidak murah. Jadi, jangan sampai kamu lalai dalam merawat mesin cuci piring yang membantu menyelesaikan satu masalahmu setiap harinya. Lalu, bagaimana cara merawat mesin cuci piring agar tetap awet? Berikut beberapa tipnya.

Untuk menjaga mesin cuci piring tetap awet adalah dengan selalu memperhatikan kebersihannya. Caranya adalah dengan mencuci mesin cuci piring ini setidaknya seminggu sekali. Bagaimana cara mencucinya? Yang pertama adalah kosongkan mesin cuci piring tersebut. Lalu tarik keluar bagian rak-rak piringnya. Cari lubang tempat air keluar, lalu bersihkan dengan kain bersih. Setelah itu, lepaskan filter air yang ada di dalam mesin tersebut, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan mengelapnya menggunakan kain bersih.

Lalu masukkan secangkir cuka ke dalam bagian dispenser. Tuangkan bakin soda ke dalam piring yang nantinya diletakkan di bagian paling atas rak mesin pencuci piring. Lalu jalankan mesin pencuci piring tersebut. Biarkan cuka dan baking soda tersebut bertemu dan tercampur. Baking soda dan cuka tersebut digunakan untuk menghilangkan kuman dan kotoran yang mengendap di dalam mesin cuci piring. Setelah selesai dijalankan, lap bagian dalam mesin cuci piring dengan spons.

Itulah cara mudah merawat mesin cuci piring yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Komentar