Pentingnya Pake Helm

Dua hari yang lalu, saya mengalami kecelakaan. Kecelakaannya sih tidak cukup parah. Alhamdulillah saya tidak menabrak orang. Pasalnya, saat itu saya pulang dari kampus dengan keadaan yang super capek. Sore itu, sehabis hujan rintik-rintik, udara sangat nyaman. Nah, inilah bahayanya. Kondisi badan yang capek dan udara yang nyaman. Tiba-tiba saya tidak sadar. Tragedi itu terjadi. Saya jatuh karena memang saya benar-benar tidak sadar dan sepeda motor saya untungnya terjatuh tidak jauh. Saya benar-benar tidak sadar. Sadar-sadar, saya sudah ditolongi oleh seorang ibu dan seorang anaknya.

Kaki saya luka-luka, lumayan parah. Tangan saya luka sedikit. Dan gigi saya satunya patah, satu lagi retak. Helm yang saya pakai kacanya retak ga karuan. Saya ga bisa bayangin kalo saya ga pake helm pada waktu itu. Mungkin wajah saya bisa berdarah-darah dan hal yang lebih fatal lagi bisa terjadi pada saya. Saya bersyukur masih diberi kesempatan untuk hidup. Pasalnya memang kejadian itu terjadi di jalan besar yang banyak kendaraan besar, seperti truk dan bus lewat. Untungnya hanya terjadi kecelakaan ringan pada saya.

Itu sih seklumit cerita sedih yang saya alami. Mungkin bagi kamu yang belum pernah mengalami hal buruk seperti yang saya alami masih meragukan fungsi helm. Helm benar-benar sangat berguna untuk melindungimu dari kecelakaan di bagian wajah apalagi jika masalah otak. Gigi saya saja bisa patah. Tentunya telah terjadi benturan keras yang saya tidak menyadarinya. Bahkan kaca helm saya retak ga karuan. Bayangkan jika saya tidak pake helm. Kacau balau jadinya mungkin.


Itulah pentingnya memakai helm untuk memperkecil kemungkinan buruk saat kecelakaan terjadi. Kualitas helm juga sangat mempengaruhi loh. Untuk sebuah keamanan, pilihlah helm yang kuat dan bagus kualitasnya. Karena jika sudah terjadi kecelakaan, harga yang harus dibayar jauh lebih mahal dari harga helm-nya. Salah satu helm yang kualitasnya bagus adalah helm NHK. Saya sempat baca-baca di Kaskus, kualitas helm NHK ini bagus. Selain itu, dari segi kenyamanan banyak yang mengaku nyaman memakainya.

Dari segi harga, lumayan agak merogok kocek yang cukup dalam. Harga helm NHK yang murah adalah 325 ribu. Ada lagi yang lebih mahal, seharga 499 ribu. Tentu saja semakin mahal semakin bagus lah kualitasnya. Ada harga ada kualitas. Namun, harga segitu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan biaya rumah sakit ketika kamu gegar otak. Kamu bisa habis puluhan bahkan ratusan juta rupiah jika sudah sakit yang berhubungan dengan otak.

Semoga hal buruk tidak terjadi pada kita semua. Amin :)

Komentar