Menurunkan Kolesterol dari Sekarang

Jangan mentang-mentang masih mudah, makanan apa saja dilahap. Memang mungkin saat pertama kali makan tidak masalah, namun semua itu akan berakumulasi dan dibayar ketika kamu sudah tua. Mungkin tidak sampai tua, umur tiga puluh tahun ke atas kamu mulai merasakan efek dari akibat kamu makan makanan sembarangan.


Makanan siap saji contohnya. Makanan ini memang digemari banyak orang, apalagi anak kecil. Dan karena sudah terbiasa sejak kecil, akhirnya makan makanan siap saji seperti: burger, kentang goreng, ayam goreng menjadi menu yang sering di makanan.

Tahukah kamu bahwa kebiasaan makan makanan seperti itu bisa menyebabkan kolesterol? Saya yakin sedikit anak muda yang menyadari hal ini. Jangankan hanya makanan, bahkan rokok yang terbukti lebih berbahaya pun tetap dihirup. Selain makanan siap saji yang ada saat ini, makan goreng-gorengan di warung di pinggir jalan pun juga tak kalah lebih berbahayanya. Mengapa demikian? Tentu saja karena minyak yang dipakai sudah berada pada titik jenuh dan tetap saja dipakai.

Nah, lantas bagaimana jika ternyata kamu sudah terindikasi memiliki penyakit kolesterol? Jangan panik, kamu bisa menurunkan kolesterol dari sekarang sebelum benar-benar berbahaya. Berikut ini adalah cara menurunkan kolesterol yang bisa kamu coba melalui makanan.

Oat Meal

Oat meal adalah salah satu makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterolmu. Oat meal ini mengandung serat larut yang bisa mengurangi kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Cara serat larut ini adalah dengan menghalangi kolesterol diserap oleh darah dalam jumlah berlebih yang menyebabkan penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah.

Kacang Almond

Fungsi kacang almond dalam menurunkan kolesterol adalah dengan mengurai lemak jenuh dengan asam lemak tak jenuh yang dimiliki. Lemak jenuh dalam tubuh bisa terkurangi ketika kamu makan kacang almond.

Buah Alpukat

Jika oat meal dan kacang almond susah kamu dapatkan, kamu bisa menggunakan buah alpukat untuk menurunkan kolesterol. Alpukat ini bisa kamu dapatkan di pasar tradisional dekat rumah. Alpukat bisa menurunkan kadar kolesterol karena alpukat mengandung zat beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Buah dan Sayuran yang Mengandung Antioksidan

Selain alpukat, masih ada beberapa buah dan sayuran yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Buah dan sayuran tersebut adalah mangga, jambu biji, paprika, wortel dan sebagainya asalkan buah dan sayuran tersebut mengandung zat antioksidan.

Selain melalui makanan di atas, kamu bisa menemukan macam-macam makanan penurun kolesterol dengan berkonsultasi ke dokter.

Komentar