Memilih Mobil untuk Kebutuhan Keluarga

Mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan sekunder. Padahal dulu mobil hanya kebutuhan tersier. Namun, dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan sehari-hari mobil memang menjadi alat yang harus dimiliki setiap keluarga. Selain memang lebih nyaman dibandingkan sepeda motor, mobil lebih banyak memuat banyak penumpang. Selain itu, bagi kamu yang suka bepergian agak jauh misal antarkota, menggunakan mobil adalah pilihan yang tepat.


Nah, karena memang yang diinginkan adalah mobil untuk kebutuhan sehari-hari, maka alangkah baiknya memilih mobil yang memang bisa digunakan untuk keluarga. Bagaimanakah cara menentukan mobil yang pas untuk kebutuhan keluarga? Berikut ini adalah beberapa tips memilih mobil untuk kebutuhan keluarga.

Pastikan Muat dengan Jumlah Anggota Kelurga di Rumah

Karena memang jenis otomotif mobil ini banyak variannya, hal yang pertama diperhatikan dalam memilih mobil untuk kebutuhan keluarga adalah dengan melihat jumlah muat mobilnya. Normalnya satu rumah berisi 4-7 orang, untuk itu pilihlah mobil dengan isi penumpang sejumlah anggota keluargamu serumah. Hal ini tentu saja agar memudahkan ketika perjalanan satu keluarga agar tidak terpisah menjadi dua mobil. Memiliki lebih dari satu mobil itu sangat membebani dalam perawatan dan pajaknya setiap tahun.

Harga Sesuaikan dengan Budget

Besar pasang daripada tiang, jangan sampai terjadi pada dirimu saat membeli mobil. Membeli mobil secara cash lebih baik daripada menyicil. Mengapa lebih baik? Tentu saja membeli mobil secara cash ini memberikan kenyamanan hati dibandingkan harus dikejar-kejar hutang setiap bulannya dengan cicilan mobil. Untuk itu lebih baik menabung terlebih dahulu daripada memaksakan keinginan. Sesuaikan budget dengan mobil yang ingin kamu beli. Jika perlu, kamu bisa mencari mobil bekas dengan kondisi yang masih 90% mulus untuk menghemat budget.

Pilih Yang Tahan Lama

Untuk kebutuhan keluarga, tahan lama lebih baik daripada hanya mengikuti trend sesaat. Ada beberapa macam mobil yang memang desainnya biasa saja namun bisa tahan lama secara fisik, trend, maupun harga. Ada lagi macam mobil yang fisiknya keren abis, trendy saat itu, dan harganya melambung tinggi. Untuk mobil yang sesuai kebutuhan keluarga, pilih mobil jenis yang tahan lama. Apalagi secara harga, kalau bisa pilih mobil yang harga baru dan harga bekasnya tidak berbeda jauh. Tentunya jika kamu bosan dengan modelnya atau butuh uang, kamu bisa menjualnya dengan rugi yang tidak banyak.

Itulah setidaknya tiga tips memilih mobil untuk kebutuhan keluarga yang bisa kamu terapkan. Semua tergantung pada preferensi masing-masing, gengsi, dan kebutuhan tentunya.

Komentar