Masih Muda Tetap Harus Jaga Makan

Masa muda memang masa yang paling menyenangkan. Bagaimana tidak, kamu bisa melakukan apa saja di saat muda. Fisikmu masih kuat untuk melakukan banyak hal, terutama aktivitas-aktivitas yang berat. Selain itu, biasanya masa muda dihabiskan dengan sesuatu yang menyenangkan. Jalan-jalan, naik gunung, atau kesenangan lainnya. Bahkan, mentang-mentang masih muda, kebanyakan kita makan makanan seenaknya. Asal ada makanan yang baru, bawaannya selalu ingin mencoba. Biasanya nih anak muda suka banget dengan makanan yang mengandung tantangan, misal makanan dengan rasa yang pedasnya bukan main.


Namun, tahukah kamu, bahwa setelah masa muda, kamu akan menemui masa tua. Dan jarak antara masa muda dengan masa tua itu tidaklah terlalu lama. Hanya sepuluh hingga dua puluh tahun saja, dan kamu akan menuai apa yang kamu lakukan di masa muda. Jika kamu terbiasanya makanan makanan sehat di masa muda, saat masa tua kamu setidaknya tidak akan menderita penyakit yang sering diderita oleh banyak orang tua. Selain itu kamu harus tetap olahraga untuk menjaga kebugaran tubuhmu hingga masa tua nanti. Berikut ini adalah contoh makanan sehat yang bisa kamu konsumsi di saat kamu muda.

Gandum

Bagi kamu yang hidup di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, gandum memang agak asing di telinga. Pasalnya memang makanan utama di pulau Jawa adalah nasi. Namun, tahukah kamu bahwa gandum ini lebih aman daripada nasi. Mengapa aman? Ya, karena nasi bisa memicu munculnya penyakit diabetes saat kamu tua, sedangkan gandum tidak. Selain itu, gandum bisa digunakan untuk solusi jika kamu sering menderita maag karena telat makan. Gandum sendiri juga mengandung vitamin B1, vitamin B3, vitamin E, dan juga diperkaya serat.

Kacang Merah

Kacang merah ini biasanya diberikan pada bayi. Tapi selain baik untuk bayi, untuk orang dewasa juga dianjurkan loh. Kacang merah ini mengandung magnesium, fosfor, zat besi, mineral, dan vitamin. Biasanya nih kacang merah ini digunakan untuk cemilan, misalnya dibuat hidangkan berupa bubur.

Sayur Bayam

Masih ingat dengan tokoh Popeye yang menjadi kuat gara-gara makan bayam? Tentu ingat dong. Nah, ternyata selain di kartun, bayam memang memiliki kandungan zat besi, magnesium, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Dan yang paling penting sayur bayam ini mudah didapatkan di sekitar kita. Di pasar tradisional kamu bisa mendapatkan sayur bayam ini dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau. Jadi, sehat tidak harus mahal loh.

Itulah setidaknya tiga makanan sehat yang bisa kamu coba. Masih banyak lagi macam makanan sehat yang bisa kamu temukan di media lainnya seperti televisi, majalah kesehatan, dan sebagainya.

Komentar

  1. untuk gandum mungkin sudah makin familiar dengan aneka roti dengan bahan baku gandum

    BalasHapus

Poskan Komentar