Rutin Mengkonsumsi Vitamin untuk Meredakan Nyeri Sendi

Vitamin nyeri sendi berperan cukup penting untuk kesehatan tubuh Anda, jika Anda merasa ada yang salah dengan persendian Anda. Jika sendi Anda tidak sehat, maka aktivitas Anda akan terganggu. Tapi sebenarnya, apa itu nyeri sendi?

Nyeri pada sendi merupakan perasaan nyeri karena inflamasi yang ada pada tulang penyusun sendi, atau bisa kita sebut ini merupakan penyakit osteoartritis. Healthy.co.id, jika Anda kekurangan cairan sinoval di lapisan kartilago, maka Anda akan merasakan nyeri ketika Anda menggerakkan badan Anda di bagian yang kekurangan cairan tersebut.


Siapapun bisa terkena peradangan sendi ini, seperti mereka yang kelebihan berat badan, menderita otot paha yang lemah, wanita berumur diatas 45 tahun, pernah mengalami patah tulang dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa vitamin yang baik untuk persendian Anda agar terhindar dari gangguan nyeri sendi:

a. Vitamin B12
Sebaiknya Anda memperbanyak mengkonsumsi vitamin B12 karena jika Anda kekurangan vitamin ini, tulang saraf Anda dapat melemah.

b. Vitamin C
Vitamin C larut dalam air serta mampu menghasilkan kolagen. Kolagen adalah komponen penyusun tendon, kulit, tulang rawan, pembuluh darah serta ligamen. Dalam healthy.co.id, Vitamin C bermanfaat untuk menyehatkan persendian Anda karena mampu menjaga cairan synovial yang menyebabkan keleluasaan pada pergerakan sendi Anda. Vitamin C juga mampu mengatasi penyakit rematik yang Anda alami. Anda dapat memperoleh vitamin C pada beberapa bahan makanan seperti sayur serta buah.

c. Vitamin D
Vitamin D atau yang juga disebut sebagai Kalsiferol merupakan vitamin yang berfungsi membentuk tulang serta gigi, bersama-sama dengan kalsium. Vitamin D adalah vitamin satu-satunya yang diproduksi di tubuh kita. Vitamin D juga membantu tubuh mengeraskan tulang, jadi jika Anda kekurangan vitamin D maka tulang Anda memiliki resiko kelainan.
Vitamin D dapat diperoleh pada beberapa bahan makanan seperti ikan tuna, mentega, minyak ikan, biji bunga matahari, udang dan diluar bahan makanan yakni sinar matahari.

d. Vitamin K
Dalam healthy.co.id, masalah menjaga metabolisme tulang serta membuat tulang kuat dan sehat, Vitamin K yang mampu melakukannya. Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin K pada beberapa sayuran yang memiliki daun yang hijau.

Selain vitamin nyeri sendi, ada juga beberapa mineral yang baik untuk sendi serta tulang Anda:

Magnesium
Jika Anda rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, maka tulang Anda akan terjaga kekuatannya serta penyerapan kalium menjadi lebih maksimal.

Kalium
Kalium berfungsi untuk menyeimbangkan kandungan asam pada tubuh Anda. Selain itu, kalium juga mampu mencegah agar kalsium tidak dibuang.

Ada beberapa makanan yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri pada persendian Anda, yakni:

Nanas
Nanas memiliki kandungan bromelain yang baik untuk mengurangi nyeri sendi serta mengurangi peradangan.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan Anda, dan juga memiliki kandungan oleocanthal. Oleochantal mampu mencegah timbulnya peradangan pada sendi Anda.

Jahe
Jahe juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi rasa nyeri saat radang sendi menyerang. Jahe memiliki kandungan fitonutrien yang berefek cukup kuat pada kesehatan Anda. Selain itu, anti-inflamasi juga kandungan yang ada pada jahe yang mampu meringankan nyeri sendi Anda.

Jeruk
Buah jeruk memiliki kandungan radikal bebas yang berperan dalam meringankan rasa sakit karena radang sendi.

Apel
Buah Apel akan membantu Anda mengurangi rasa nyeri saat radang sendi menyerang. Apel memiliki kandungan borong yang mampu mengurangi akibat dari penyakit osteoarthritis.

Bawang Putih
Dalam healthy.co.id, bawang putih memiliki kandungan belerang yang mampu mengurangi rasa nyeri ketika Anda mengalami peradangan pada sendi. Selain itu, bawang putih juga mampu mengurangi atau mencegah gejala penyakit arthritis.

Komentar