Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Perawatan Wajah Berjerawat

Memiliki wajah berjerawat memang bukan hal yang menyenangkan. Tapi bukan berarti wajah berjerawat kamu tidak bisa bersih kembali yah. Kamu masih bisa melakukan perawatan wajah berjerawat sendiri. Merawat wajah yang berjerawat memang diperlukan perhatian lebih. Hal ini dikarenakan wajah berjerawat lebih sensitif. Salah penanganan pada wajah berjerawat dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin parah. Maka dari itu kita perlu memperhatikan hal apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada saat perawatan wajah berjerawat.


Hal yang Boleh Dilakukan Saat Perawatan Wajah Berjerawat

Pada perawatan wajah berjerawat ada beberapa hal yang boleh kamu lakukan. Dan hal-hal ini mungkin dapat membantu wajah berjerawat kamu agar semakin berkurang. Selain membersihkan wajah dari luar ada hal yang harus kamu perhatikan untuk mendukung agar wajah berjerawat kamu dapat lekas sehat kembali.

Rutin Membersihkan Wajah

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah karena wajah yang kotor. Agar wajah di wajah kamu tidak semakin parah maka kamu harus membersihkan wajah tiap hari. Minimal dua kali sehari yah. Dan meski nanti wajah kamu sudah tidak lagi berjerawat kamu tetap harus membiasakan kebiasaan baik ini agar jewarat tidak muncul lagi.

Banyak Minum Air Putih

Pasti heran deh apa hubungannya jerawat dengan banyak minum air putih? Tahu gak sih ternyata kulit yang kering bisa disebabkan karena kekurangan cairan. Nah jika kulit kekurangan cairan makan kulit akan berusaha melembabkan dengan memproduksi minyak. Produksi minyak berleih pada kulit wajah dapat menyebabkan jerawat. Jadi ingat selalu untuk banyak minum air putih yah! Selain sehat untuk tubuh dapat membantu kamu mengurangi jerawat loh!

Kurangi Konsumsi Lemak

Makanan yang kamu makan akan sangat mempengaruhi kondisi kulit. Makanan berlemak akan menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit yang nantinya berujung pada jerawat. Jika kamu sedang melakukan perawatan wajah berjerawat makan kamu harus mengurangi konsumsi lemak. Dan diganti dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang baik untuk kesehatan kulit.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Perawatan Wajah Berjerawat

Merawat kulit berjerawat memang tidak bisa asal. Belum lagi terkadang kita sering melakukan kebiasaan yang buruk saat wajah kita berjerawatan. Ada hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan selama wajah kamu dalam perawatan. Hal ini agar wajah berjerawat kamu tidak semakin buruk.

Memencet Jerawat

Pasti kamu gemes yah kalau lihat jerawat di wajah kamu mulai terlihat bintik putih. Pasti bawaannya kepengen mencet jerawatnya. Tapi ternyata memencet jerawat ini bukan kebiasaan yang baik. Hindari memencet jerawat karena akan menimbulkan infeksi pada kulit. Selain itu dapat menyebabkan pori-pori kulit membesar.

Mencuci Wajah Terlalu Sering

Meski kita disarankan untuk mencuci wajah secara rutin, ternyata mencuci wajah terlalu sering pada perawatan wajah berjerawat bukan lah hal yang disarankan. Hal ini dikarenakan jika kulit terlalu sering dicuci makan kondisi kulit akan menjadi kering. Dan kulit yang kering ini akan memicu kulit untuk memproduksi minyak. Nah kalau sudah begini bukannya jerawat pada wajah kamu berkurang malahan bisa bertambah loh. Jadi cukup cuci muka sehari dua kali saja yah!

Scrubbing Pada Wajah Berjerawat

Scrubbing memenag bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi tahu kah kamu kalau kamu melakukan scrubbing pada perawatan wajah berjerawat maka jerawat menjadi meradang. Dan hal ini akan menyebakan rasa nyeri pada wajah. Karena tekstur scrub yang kasar akan membuat gesekan pada jerawat yang ada dan membuatnya menjadi terluka.

Komentar