Gengsi Sebuah Domain .ID

Dulu, saat pertama kali saya mengenal dunia blog dan domain berbayar, rasanya bisa beli domain berbayar itu senangnya minta ampun. Bahkan, saya sering sekali ngoprek domain saya. Mulai dari menambah subdomain hingga mengalami banyak error gara-gara salah setting. Sangat menyenangkan saat awal mempunyai domain berbayar pertama kali.


Namun, lambat laun setelah banyak membeli domain berbayar, sepertinya euforia itu mulai berkurang. Hingga sampai saat ini, membeli domain serasa biasa saja. Hehe, mungkin karena sudah beberapa kali beli domain.

Dan saat pertama kali launching domain everything .ID, saya mulai tergerak lagi dan merasa penasaran dengan domain .ID. Hingga akhirnya saya harus kecewa dan gigit jari karena domain .ID harganya per tahunnya 500 ribu. Sangat di luar estimasi saya untuk harga domain berbayar. Saya pun melupakan domain .ID untuk saya beli.

Namun, semua itu berubah setelah PANDI mengeluarkan kebijakan promo hingga harga domain .ID menjadi sangat murah. Berbondong-bondong orang membeli domain .ID karena murahnya. Hanya saja, saya kadang deg-degan untuk perpanjangan domain di tahun berikutnya. Pasalnya, perpanjangan domain seharga 500 ribuan. Kabarnya sih memang bakal turun harganya di tahun depan jika pengguna .ID banyak. Namun, apakah benar kabar itu? Entahlah. Hingga hari ini saya punya domain .ID sejumlah 4 biji. Dan keempat domain .ID tersebut yang saya isi baru satu. Kadang sempat malas mengisi .ID karena takut tahun depannya tidak bisa perpanjangan terkendala harganya. Hehe.

Semoga saja tahun depan domain .ID jadi murah.

Komentar