Bisnis Online yang Cocok untuk Pemuda

Muda sudah kaya raya, tentunya bukan kaya dari harta orang tua, tapi benar-benar dari hasil keringat sendiri adalah harapan setiap pemuda di negeri ini. Saya yakin, kamu juga pengen seperti itu kan? Haha, saya juga. Namun, apakah kamu tahu? Bahwasannya dunia ini emang diciptakan tidak secara instan. Semuanya berproses. Begitu pula untuk menjadi kaya di usia yang relatif muda. Untuk menjadi kaya, harus berani sakit dan menderita lebih parah dibanding pemuda kebanyakan saat ini. Biasanya, pemuda itu kan kesannya hura-hura, ngabisin duit orang tua, dan stigma-stigma jelek lainnya yang melekat pada pemuda. Padahal, tidak sedikit pemuda saat ini yang sudah bisa berdiri di atas kakinya sendiri. Tentunya dengan pengalaman pahit yang bertubi-tubi.


Berbicara tentang kaya, tentu saja tidak lepas dari bisnis yang dijalankan. Sebagai generasi muda harapan bangsa, pemuda dituntut untuk gesit, kreatif, dan jeli melihat peluang bisnis yang ada saat ini. Saat ini, pasti semua orang sudah tahu semua hal serba online. Jualan pun kebanyakan hari ini dilakukan secara online. Saya sendiri juga menjual barang dan jasa secara online. Kelebihannya adalah pasar yang ditarget bisa lebih luas dibandingkan saya hanya menjualnya secara offline. Harganya pun bisa di-markup disesuaikan dengan pasaran harga online.

Jika kamu seorang perempuan muda yang suka fashion, bisnis online yang cocok denganmu adalah jualan baju online, atau produk fashion yang lainnya seperti sepatu, topi, kacamata dan lainnya. Setiap cewek punya insting jualan yang hebat dan tentunya dicocokkan dengan bidang yang kamu kuasai. Misalkan kamu mengikuti tren hijab dan tahu banyak tentang hijab, maka cobalah berbisnis online jualan hijab. Apalagi hari ini hijab lagi nge-trend.

Buat kamu yang cowok, bisnis online yang cocok bagimu salah satunya adalah jualan kaos oblong dengan kustom desain. Atau misal kamu suka dengan otomotif dan tahu tempat beli spare part mobil, kamu bisa menjadi reseller spare part mobil dengan modal yang relatif kecil, asal bisa diputar kembali. Untuk segi promosi, kamu bisa menggunakan marketplace yang ada saat ini. Banyak sekali marketplace yang populer seperti OLX, Tokopedia, dan Bukalapak. Kamu bisa memanfatkan semuanya untuk menawarkan jasa atau barang yang kamu punya. Asal ada kemauan pasti ada jalan.

Mungkin di awal jualan, kamu akan mengalami kebosanan ketika menunggu tidak ada yang kunjung beli. Namun, itu adalah hal yang wajar. Jika masih belum ada yang menanyakan produkmu hingga dua minggu lebih, maka kamu harus introspeksi diri. Bisa jadi, kamu salah memilih cara untuk promosinya. Normalnya, seminggu kamu promosi, setidaknya ada respon dari pembeli yang menanyakan perihal produk yang kamu jual. Baiklah, tidak ada untuknya kamu tahu banyak teori, jika tidak segera kamu praktikkan. Yuk action!

Komentar