Waspadai Gejala, Ciri-ciri, dan Penyebab Penyakit Disentri pada Anak

Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh anak-anak adalah penyakit disentri. Gejala, ciri ciri, & penyebab penyakit disentri ini pada umumnya hampir serupa dengan penyakit diare. Kesamaan penyakit diare dan disentri diantaranya adalah sama-sama terjadi infeksi pada usus, memiliki gejala yang sama seperti mual dan muntah, kram perut, demam, hingga buang air besar yang berair. Sementara perbedaannya, penyakit disentri biasanya terjadi ketika buang air besar yang disertai darah.


Penyakit disentri disebabkan oleh adanya bakteri jahat Entamoeba Histolytica dan Shigella sp yang ternyata bisa menular dengan cepat. Penularan bakteri tersebut bisa memalui air yang tercemar, makanan dan minuman yang terkontaminasi, hingga kebersihan lingkungan yang buruk. Melihat mudahnya penyebaran virus penyebab disentri, tentu diperlukan upaya pencegahan yang maksimal terutama pada anak-anak. Untuk meminimalisir gejala, ciri ciri, dan penyebab penyakit disentri ini, ada beberapa tips upaya pencegahan yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:
  1. Konsumsi air putih yang sudah dimasak dengan matang. Jika meminum air dalam kemasan, pastikan segelnya masih rapat dan utuh sebelum diminum.
  2. Jauhkan anak dari jajanan pinggir jalan yang belum terjamin sanitasinya. Sebagi solusi, ibu bisa memberikan anak bekal jajanan yang dibuat di rumah agar lebih terjamin aman.
  3. Cuci sayuran dan buah dengan air bersih sebelum dikonsumsi
  4. Jika salah satu anggota keluarga anda menderita disentri, cuci pakaian kotornya dengan air panas agar bakteri berbahaya lekas mati.
  5. Terakhir, jaga kebersihan lingkungan sekitar.

Untuk mencegah dari berbagai jenis penyakit, pada dasarnya dibutuhkan keinginan untuk mulai menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih. Terapkan kebiasaan bersih yang baik pada anak sejak dini, seperti mencuci tangan dengan sabun anti bakteri dari Lifebuoy yang bisa membantu membasmi virus penyebab penyakit. Dengan menerapkan pola hidup yang bersih sejak dini, tentu akan membantu si kecil terhindari dari berbagai gejala, ciri ciri, dan penyebab penyakit berbahaya seperti flu, diare, radang usus, radang tenggorokan, disentri, dan penyakit lainnya.

Komentar