Takdir Sebuah Aplikasi Kunci Jawaban Tebak Gambar

Awalnya saya membuat itu hanya sekedar iseng. Namun, akhirnya saya mulai menyeriusinya hingga menyelesaikannya hingga level 25. Cukup lama sih menyelesaikan game Tebak Gambar itu, sekitar seminggu. Dan untuk membuat aplikasi juga sekitar semingguan. Ketika aplikasi Kunci Jawaban Tebak Gambar itu selesai, saya upload di Play Store.

Hasilnya? Lumayan, pengguna Play Store banyak yang men-download aplikasi Kunci Jawaban Tebak Gambar tersebut. Entah mungkin karena memang mental orang Indonesia suka nyontek yah. Hehe. Bahkan sampai di game pun mereka melakukan cheating. Menakjubkan memang. Nah, dari aplikasi itu, lumayan juga klik iklan yang dihasilkan. Semakin hari semakin naik, walaupun masih terbilang receh. Hingga sekitar satu bulan aplikasi itu lahir, posisi di pencarian dengan kata kunci "Tebak Gambar" pun sudah sekitar di posisi 12, kalau tidak salah ingat.

Dan apa yang terjadi selanjutnya? Aplikasi itu kena suspend oleh Google. Saya sih sudah mengiranya akan terjadi seperti itu. Hanya saja saya agak optimis ketika aplikasi kunci jawaban tebak gambar lainnya banyak di Play Store. Itulah alasan mengapa saya memberanikan diri mengikuti jejak mereka. Namun, memang takdir aplikasi itu beda. Dari sekian banyak aplikasi kunci jawaban tebak gambar, hanya punya saya lah yang kena suspend. Hebat memang. Berarti aplikasi saya bagus dan menjadi ancaman bagi game Tebak Gambar itu sendiri. Saya sangat sadar akan hal itu. Dari segi grafik dan user interface, aplikasi saya yang paling bagus. Dari segi iklan, saya pasang iklan sedikit, jadi user ga bakal sebel sama iklan yang ganggu.

Tapi, memang saya harus ikhlas. Karena memang cara yang saya pilih adalah salah. Aplikasi yang saya buat mengusik dan membuat aplikasi induknya cepat mengalami saturasi. Namun, hari ini saya iseng sekedar mencari apakah ada sisa-sisa aplikasi saya di internet. Ternyata masih ada. Saya lihat aplikasi saya ada di Mobomarket, padahal saya tidak pernah melakukan upload aplikasi itu di sana. Sepertinya memang Mobomarket meng-clone apa yang ada di Play Store. Bagi kamu yang sudah tidak menjumpai aplikasi Kunci Jawaban Tebak Gambar saya di Play Store, kamu bisa mengunduhnya di Mobomarket melalui link ini. Semoga saja di sana awet. Buruan download, keburu ikutan dihapus juga. Haha.

Udah ah curhat saya kali ini. Semoga hal ini bisa diambil hikmahnya oleh kamu. Intinya, jangan coba-coba bikin kunci jawaban dari game yang lagi tenar atau sebelumnya tenar di Play Store. Kemungkinan aplikasimu kena suspend sangat tinggi.

Komentar

Poskan Komentar