Jaga Kesehatan Dengan Konsumsi Makanan Penurun Darah Tinggi

Makanan penurun darah tinggi sangat penting dimasukkan kedalam menu utama makanan anda setiap hari, karena khasiatnya dapat menjaga tubuh dari berbagai penyakit terutama yang disebabkan oleh komplikasi dari hipertensi seperti stroke, jantung hingga kerusakan organ ginjal. Jadi dapat dikatakan bahwa darah tinggi merupakan penyakit berbahaya apabila tidak diobati.


Seperti diketahui, pengobatan suatu penyakit lebih sulit dan memerlukan biaya yang sangat besar jadi langkah bijak yaitu dengan melakukan pencegahan hipertensi sejak dini dengan konsumsi berbagai makanan penurun darah tinggi yang daftar dan penjelasannya sebagai berikut.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam sangat bermanfaat bagi tubuh dan pencegahan dari penyakit darah tinggi. Kandungan kalium pada sayur bayam terbukti dapat menurunkan tekanan darah hingga level normal. Bayam juga rendah kalori, tinggi serat dan mengandung berbagai vitamin mineral sehingga mengkonsumsi bayam secara rutin dapat meningkatkan kesehatan.

Bawang Putih

Merupakan bumbu masakan yang memiliki khasiat untuk mencegah pembekuan darah atau antikoagulan sehingga dapat melancarkan darah, melebarkan pembuluh darah sehingga secara langsung dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami tanpa efek samping. Selain itu bawang putih juga berkhasiat menghilangkan sumbatan kolesterol pada pembuluh koroner.

Minyak Zaitun

Sumber lemak tak jenuh yang berfungsi untuk meningkatkan kadar HDL sekaligus menurunkan kolesterol jahat sehingga pembuluh darah yang tersumbat endapan kolesterol dapat kembali normal. Selain itu minyak zaitun juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat menjaga organ organ tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

Buah Buahan

Ada banyak buah yang terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi seperti pisang dengan kadar potasium-nya dapat menormalkan kembali hipertensi. Alpukat, tomat, zaitun, mengkudu dan masih banyak buah lainnya mampu menjaga tekanan darah tetap berada pada level normal jadi konsumsi buah setiap hari sangat dianjurkan.

Selain makanan diatas, anda juga perlu menghindari faktor utama penyebab hipertensi seperti makanan berlemak dan mengandung gula tinggi untuk itu jika anda pencinta makanan atau minuman manis dapat mengurangi asupan gula dengan konsumsi gula rendah kalori Tropicana sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes melitus dan hipertensi.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai makanan penurun darah tinggi yang dapat anda jadikan pedoman dalam menu makanan sehari hari dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca.

Komentar