Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Siapa yang tidak ingin memiliki gigi sehat dan kuat. Sepertinya gak ada yang suka ya kalau giginya rusak. Kita semua pasti menginginkan gigi yang sehat dan kuat. Gigi yang sehat adalah awal yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Tapi terkadang banyak orang yang tidak sadar bahwa kebiasaannya sehari-hari telah merusak giginya sendiri. Untuk itu jika ingin mendapatkan gigi sehat dan kuat kita harus mengetahui cara menjaga kesehatan gigi yang benar. Berikut adalah cara menjaga kesehatan gigi.


Menyikat Gigi Sehari Dua Kali

Langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi. Sikatlah gigi dua kali dalam sehari untuk menjaga keadaan gigi tetap bersih. Sikat gigi sebelum tidur dan sesudah sarapan dapat menjaga gigi kamu dari sisa makanan yang menempel. Karena sisa makanan ini nantinya akan menjadi sumber penyakit bagi gigi kamu. Jangan lupa juga untuk selalu menyikat gigi setelah mengkonsumsi makan-makanan manis. Atau minimal berkumur untuk menghilangkan sisa makanan manis pada gigi.

Berkumur dengan Obat Kumur Setelah Sikat Gigi

Selain menyikat gigi hal yang tidak kalah penting adalah berkumur dengan obat kumur. Berkumur dengan obat kumur ini adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi. Tapi pilihlah obat kumur yang aman digunakan setiap hari. Karena obat kumur yang mengandung alkohol tidak aman digunakan setiap hari. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol pada obat kumur tersebut dapat menyebabkan mulut kering dan membunuh bakteri baik pada mulut.

Menganti Sikat Gigi

Sikat gigi yang sudah lama dipakai biasanya akan mengalami banyak perubahan dari segi bulu sikat. Bulu sikat yang sudah berubah ini akan mengurangi efektifitas saat membersihakn gigi. Selain itu bakteri pada sikat gigi yang sudah lama dipakai dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Sehingga kamu perlu mengganti sikat gigi kamu setiap dua bulan sekali. Atau setelah kamu sakit gigi, meski umur sikat gigi belum sampai dua bulan lebih baik diganti dengan yang baru.

Menghindari Penggunaan Tusuk Gigi

Setiap ada sisa makanan yang terselip pada sela-sela gigi kita sering kali mengambilnya menggunakan tusuk gigi. Ternyata kebiasaan ini kurang baik loh. Penggunaan tusuk gigi ternyata dapat menyebabkan gigi renggang. Nah gigi renggang ini dapat membuat gigi kamu lebih mudah keropos karena sulit dijangkau oleh sikat gigi. Penggunaan tusuk gigi masih diperbolehkan jika digunakan pada area yang tidak beresiko untuk membuat gigi renggang. Solusi dari penghentian pemakaian tusuk gigi ini kita bisa menggunakan dental floss atau benang gigi.

Hindari Konsumsi Teh, Kopi dan Alkohol Secara Berlebih

Teh dan kopi memang minuman yang senantiasa menjadi teman minum sehari-hari. Tapi jika mengkonsumsi teh dan kopi berlebihkan dapat menyebabkan gigi kamu menjadi berubah warna. Selain itu teh dan kopi memiliki kandungan asam yang cukup membahayakan bagi gigi. Apalagi setelah minum kopi dan teh tidak berkumur atau menyikat gigi hal ini dapat membuat gigi kamu jadi mudah berlubang. Tak hanya itu alkohol pun dapat merubah warna gigi. Lagi pula alkohol ini memang tidak boleh dikonsumsi jadi sebaiknya memang dihindari.

Selain cara menjaga kesehatan gigi yang telah dipaparkan di atas. Kita juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dapat meperkokoh gigi kita. Contohnya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu. Meminum susu dalam takaran yang pas dapat menguatkan gigi dan tulang. Dan jangan lupa untuk memakan sayuran dan buah-buahan karena pada makanan tersebut mengandung banyak zat yang dapat mendukung kesehatan gigi kita.

Komentar

Poskan Komentar