Panduan Melakukan Pijat Bayi, Bagian Wajah dan Kepala

Bayi jika tidak dirawat dengan tepat dan benar akan menimbulkan efek negatif pada pertumbuhannya. Oleh karena itu, seorang ibu maupun orang-tua yang baik harus tahu merawat bayi dengan tepat dan benar. Untuk merangsang pertumbuhan bayi yang benar, ada beberapa panduan pijat untuk bayi yang memiliki banyak kegunaan seperti, merilekskan bayi, merangsang pertumbuhan, dan juga membuat bayi tumbuh dengan postur tubuh yang ideal. Untuk melakukan pijatan yang benar, seorang ibu harus tahu bagaimana agar pijatan yang dilakukan ibu menjadi efektif dan tentunya membuat bayi tumbuh dengan baik. Panduan melakukan pijat bayi yang akan diinformasikan disini, akan membantu anda sekalian dalam merawat bayi di masa pertumbuhannya.


Langkah-Langkah Melakukan Pijat Bayi

Dalam melakukan pijatan pada bagian-bagian tertentu bayi, seorang ibu maupun orang tua harus berhati-hati karena organ-organ maupun tubuh bayi yang masih rentan sangatlah rapuh. Karena itu, usahakan pijat dengan lembuh dan gentle agar bayi tidak mendepatkan cidera yang fatal nantinya. Salah satu pijatan pada bayi yang memang cukup penting adalah pijatan bayi pada bagian wajah dan kepala. Perlu diingat, bayi dengan umur yang sangat dini, tulang yang ada di kepala sangatlah rapuh, karena itu dalam melakukan pijat ini seorang ibu harus berhati-hati dan tahu mana batas-batas yang tidak boleh dilewati dalam melakukan pijatan pada bayi.

Untuk memulai memijat, angkatlah kepala bayi dari bagian belakang kepala dengan perlahan dan lembut, setelah itu usaplah kulit kepala bayi dengan ujung jari anda dengan lembut dan perlahan. Setelah itu, gosoklah daun telinga si bayi, dan usaplah alis mata dan kelopak mata bayi yang sedang tertutup si bayi secara berulang namun perlahan. Jika sudah, merembetlah ke hidung bagian ujung hingga kedua sisi pipi, lakukan sama persis dengan lembut dan perlahan. Yang terakhir, pada bagian dagu usaplah dengan membentuk melingkar secara berulang dan sampai kira-kira cukup. Nah begitulah panduan melakukan pijat bayi di bagian wajah dan kepala dengan benar, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Komentar

Poskan Komentar