Testimoni Saya Mengenai OS X El Capitan

OS X El Capitan adalah sistem operasi terbaru keluaran Apple. Banyak sekali forum yang sedang ramai membahas OS X El Capitan ini. Saya pun sebelum melakukan upgrade sistem operasi dari OS X Yosemite ke El Capitan juga tak lupa untuk membaca testimoni orang-orang yang telah memasang terlebih dulu.

OS X El Capitan

Pasalnya yang paling melelahkan adalah mengunduh file installer OS X El Capitan ini. Ukurannya lumayan membelalakkan mata, 6.08 GB. Dengan ukurang segitu, saya bisa menuntaskan unduhan saya selama 10 jam lebih. Apalagi proses upgrade sistem operasi memakan waktu 2 jam lebih. Hal ini mungkin karena MacBook saya yang sudah menua.

Dari segi tampilan, tampilan hampir sama dengan OS X Yosemite, hanya ada sedikit polesan perbaikan dari versi sebelumnya. Waktu yang dibutuhkan untuk masuk jendela login dari keadaan mati, untuk MacBook saya membutuhkan waktu 2 menit 40 detik. Awalnya saya mengira bahwa OS X El Capitan ini lambat. Ternyata berdasarkan testimoni teman saya yang menggunakan MacBook Pro keluaran tahun 2013 hanya membutuhkan waktu 58 detik saja. Jadi jelas masalahnya di mana.

Selain itu, berdasarkan komentar-komentar di forum memang disarankan untuk menggunakan SSD agar loading-nya cepat. Kapasitas RAM juga mempengaruhi loading start.

Tampilan OS X El Capitan

Namun, jangan bersedih dengan itu semua. Ternyata setelah seharian saya memakai OS X El Capitan ini saya merasakan perbedaan yang signifikan. Memang loading start lama, namun ketika sudah masuk proses berjalan cepat. Jika dibandingkan dengan OS X Yosemite, saya lebih memilih OS X El Capitan dalam performa. Saya merasa OS X El Capitan ini adalah perbaikan dari OS X Yosemite.

Tidak berhenti di sana saja, kemarin malam saya menemukan bug di OS X El Capitan ini. Ketika merekam menggunakan Photo Booth bermasalah, terjadi delay. Namun, masalah seperti itu akan cepat terselesaikan saat update selanjutnya. Hal seperti ini biasa terjadi. Tidak ada sistem operasi yang langsung sempurna saat pertama kali launching.

Komentar

  1. OS ini hanya untuk macbook ya?

    BalasHapus
  2. Huwa, jadi pengen upgrade, aku masih Yosemite, dan asli baru tau ada OS baru pas baca di sini, parah banget ya aku, huhuhu.

    Makasih mas infonya (y)

    BalasHapus
  3. habis apdet ke el capitan, pake office for mac kok jadi lemot yah ? padahal dulu aman aman aja pake yosemite. ada apa dengan macbook air saya :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada update lagi 10.11.1 untuk menyelesaikan office for mac

      Hapus

Poskan Komentar