Hidup Sehat dengan Kebiasaan Cara Cuci Tangan dan Lainnya

Membiasakan diri untuk rutin melakukan cara cuci tangan yang baik tentunya akan memberikan manfaat yang cukup besar. Mencuci tangan membantu melindungi tubuh dengan baik dari masalah kesehatan terutama saat musim penghujan. Menjaga kebersihan diri akan kurang maksimal jika masih mengabaikan kebersihan tangan Kita. Pasalnya di kedua telapak tangan yang Kita miliki disitulah terdapat berbagai macam kuman dan bakteri. Mereka menempel dari banyak benda yang Kita pegang dan bisa dengan mudah masuk ke tubuh.


Menjaga kesehatan tubuh sebaiknya tidak sekedar menerapkan tata cara mencuci tangan yang benar namun juga melakukan kegiatan baik lainnya. Diantaranya adalah:

1. Mengkonsumsi makanan yang bersih dan bernutrisi,

Makanan yang hendak dikonsumsi sebaiknya juga terjamin kebersihannya sehingga tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kuman. Kemudian juga sangat penting memperhatikan bagaimana kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut. Bersih saja tidak cukup sebab kesehatan tubuh juga dipengaruhi oleh kebutuhan nutrisi yang bisa dipenuhi.

2. Rajin melakukan olahraga meski ringan,

Tubuh selain membutuhkan asupan gizi secara seimbang juga perlu bergerak dengan optimal, salah satunya dengan rajin berolahraga. Tubuh yang bergerak secara aktif akan memberikan perlindungan dari dalam sebab imunitas tubuh terjaga. Berbagai kerja organ penting di dalam tubuh mampu bergerak dengan sebagaimana mestinya. Menjaga tubuh bergerak secara cukup untuk menjaga metabolisme terkadang sulit dilakukan karena kesibukan di meja kerja. Mengatasinya bisa memilih berjalan kaki saat hendak menuju ke kantor atau naik turun lantai menggunakan tangga.

3. Memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat,

Tubuh yang kurang beristirahat akan menimbulkan masalah pada metabolismenya sehingga mudah menurunkan daya tahan tubuh. Banyak orang yang mudah jatuh sakit dan bahkan memiliki umur yang pendek karena minimnya jam istirahat. Kebutuhan beristirahat sebenarnya tidak terlalu panjang cukup 4 sampai 5 jam per harinya. Usahakan pula untuk tidak begadang sebab bisa menjadikan kondisi tubuh terlalu kelelahan, maka usahakan menjalani gaya hidup yang sehat. Selain menjaga cara cuci tangan dengan benar juga sebaiknya melakukan kebiasaan menyehatkan lainnya.

Komentar

  1. yang kurang emang menjaga olahraga agar selalu rutin dilakukan

    BalasHapus
  2. makanan sekarang udah gak ori, kebanyakan pake pengandung pengawet dan sebagainya. efeknya kerasa banget -_-

    BalasHapus

Posting Komentar